Thursday, 23 January, 2020

Cara Budidaya Ubi Jalar


Cara Budidaya Ubi Jalar

Cara Budidaya Ubi Jalar – Ubi jalar tanaman dengan nama latin Ipomoea batatas adalah jenis tanaman musiman yang cukup mudah dibudidayakan. Kini ubi jalar banyak diminati sebagai bahan utama berbagai jenis olahan.

Karenanya bisnis budidaya ubi jalar dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikkan. Tak heran jika belakangan banyak orang mempelajari cara budidaya ubi jalar untuk mencoba peruntungan menanamnya.

Daerah tropis seperti Indonesia sangat cocok untuk membudidayakan ubi-ubian. Suhu ideal tanaman ubi jalar sekitar 21-27 Celsius dengan curah hujan 750-1500 mm per tahun. Guna menghasilkan panen maksimal diperlukan pula sinar matahari yang panjang yakni  sekitar 11-12 jam sehari. Budidaya ubi jalar sangat baik ditanam di dataran rendah.

Cara budibaya ubi jalar, berikut langkah yang harus Anda lakukan

Cara budidaya ubi jalar perlu melalui langkah panjang mulai dari penyiapan bibit unggul, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan hingga mencapai masa panen. Setiap langkah harus dilakukan dengan baik untuk menghasilkan hasil panen yang maksimal.

Penyiapan bibit: dapat dilakukan dengan dua cara yakni generatif untuk penanaman skala terbatas dan vegetatif atau stek untuk penanaman di lahan luas.

Persiapan lahan: dapat dilakukan sebagaimana budidaya tanaman lain yakni dengan penambahan pupuk dasar dan penggemburan lalu dibuat bedengan. Ubi jalar membutuhkan tanah gembur dan banyak pupuk. Pastikan pula terdapat drainase yang baik pada lahan.

Penanaman: ubi jalar ditanam dengan cara membenamkan 2/3 stek batang ke dalam tanah dalam satu bedengan Ada dua baris tanaman. Beri jarak antara tanaman antar baris 40 cm dan 30 cm dalam satu baris. Pada awal masa pernumbuhan penting untuk menjaga kelembaban tanah dengan penyiraman pagi dan sore.

Baca Juga :

Pemeliharaan: setelah bibit mulai tumbuh tidak perlu dilakukan penyiraman karena ubi jalar tahan kekeringan. Pemerliharaan dapat dilakukan dengan penyulaman bibit yang mati. Pastikan akar ubi tidak menjalar kemana-mana dengan melakukan pembongkaran tiap sisi bedengan.

Bersihkan pula tanaman dari ganguan gulma. Pembersihkan akar juga untuk menjaga kualitas ubi yang dihasilkan, jika akar terlalu banyak ubi yang dihasilkan bisa banyak namun ukurannya kecil.

Pemanenan: pada usia 3 atau empat bulan ubi jalar siap dipanen dengan cara mencabut batang taanaman.

0 comments on “Cara Budidaya Ubi Jalar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *