Thursday, 23 January, 2020

Cara Membuat Arang Sekam Dari Padi


Cara Membuat Arang Sekam Dari Padi

Cara Membuat Arang Sekam Dari Padi – Yang dimaksud dengan sekam adalah kulit dari gabah yang terkelupas ketika proses penggilingan padi sedang terjadi dengan bentuk yang kering dan ringan, bersisik, dan belum dapat dimakan.

Ada sekitar 30 persen lebih proses penggilingan padi akan dibuang ke dalam bentuk sekam. Di daerah produksi padi, sekam sering terlihat menumpuk di belakang area penggilingan padi, bahkan pada beberapa tempat dianggap sebagai limbah.

Warga sekitar kerap memanfaatkan sekam dari limbah padi untuk dijadikan bahan bermanfaat serta mempunyai nilai tambah dan nilai jual yaitu difungsikan menjadi arang sekam.

Bagaimana Cara Membuat Arang Sekam ?

Ada 2 tahapan penting dalam pembuatan arang sekam padi yaitu tahap pembuatan alat – alat pembakaran dan tahap proses pembakaran sekam padi.

Baca juga : Cara Budidaya Cabe Rawit

Fase membuat alat pembakaran

  • Aplikasikan tong, silinder, atau drum yang bahan utama terbuat dari besi, sening, aluminium, atau logam yang memiliki sifat tahan terhadap api. Ukuran silinder yang diperlukan sekitar 20 liter yang mana salah satu penutup / alas / atap dari silinder dibuang.
  • Pada salah satu penutup silinder yang tidak dibuang buatlah lubang berbentuk lingkaran berdiameter 10 cm dengan lubang bersangkutan dibuat pada titil tengah atau titik pusat berdiameter silinder.
  • Selanjutnya buat lubang – lubang dengan memakai paku pada dinding silinder berdiameter sekitar 0,5 cm dengan jarak antar lubang satu dengan lubang lainnya adalah 2 s/d 3 cm. Lubang ini berfungsi untuk membuang panas dari bahan bakar ke dalam tumpukan sekam padi tanpa perlu melakukan pembakaran sekam secara langsung.
  • Pada bagian tajam dari lubang – lubang bersangkutan harus mengarah keluar menyerupai parutan kelapa agar lidah api menjulur keluar.
  • Langkah kelima adalah buat pipa seng sepanjang 1 cm dengan diameter sekitar 10 cm. Pipa seng dimasukkan ke dalam lubang yang telah dibuat pada salah satu penutup / alas / atap silinder yang akan berfungsi sebagai cerobong asap bagi kamar pembakaran pada silinder utama. Rekatkan pipa seng dengan cara dilas sehingga pipa bisa berdiri tegak lurus di atas silinder. Bisa juga memakai cara lain yaitu letakkan pipa seng pada lubang yang ada di silinder, lalu ganjal dengan paku dan ikatlah dengan memakai kawat besi agar pipa seng bisa berdiri tegak.

Proses pembakaran arang sekam

  • Pilihlah lokasi tepat untuk pembakaran sekam yang wajib jauh dari kompleks perumahan atau jalan raya, karena proses pembakaran sekam padi ini dapat mengeluarkan asap hitam yang tebal. Buat alas untuk tempat pembakaran dari lantai keras tahan panas atau dapat menggunakan plat seng untuk dijadikan alas pembakaran yang bertujuan memudahkan dalam proses pengambilan arang sekam.
  • Buatlah api unggun berukuran silinder yang mana bahan bakar untuk api unggun bersangkutan bisa dengan menggunakan kertas, koran bekas, kayu bakar, dan dedaunan kering. Nyalakan api untuk selanjutnya tutupi api dengan menggunakan silinder yang diberi cerobong asap tadi.
  • Ruang pembakaran silinder yang apinya sudah menyala ditimbun dengan beberapa karung sekam padi. Ini dilakukan dengan membentuk gunungan ke atas setinggi sekitar 1 meter dengan puncak timbunan merupakan cerobong asap pembakaran yang menyembur keluar.
  • Setelah lewat waktu 30 menit atau setelah puncak timbunan sekam terlihat menghitam, maka langkah selanjutnya naikkan sekam yang masih berwarna cokelat (di bawah) ke arah puncak dimana kegiatan ini dilakukan berulang – ulang kali hingga semua sekam padi terlihat hitam sempurna.
  • Apabila semua sekam sudah menjadi hitam sempurna, siram dengan air secara merata.
  • Setelah disiram dan terlihat suhunya mulai menurun maka bongkar tumpukan arang sekam yang menggunung tersebut di atas lalu keringkan. Kemudian masukkan arang sekam yang sudah dikeringkan tersebut ke dalam karung dan simpan karung – karung di tempat yang kering.

Adapun manfaat dari arang sekam untuk petani adalah untuk menggemburkan tanah, bahan pupuk kompos, dan media persemaian ternyata arang sekam bersangkutan berguna sekali.

Bobot arang / aram sekam ringan sehingga mudah dibersihkan dari akar tanaman maka dari itu mempermudah proses pendistribusian tanaman hias dan tanaman hidroponik seperti tomat, mentimun dan paprika.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang cara mudah membuat aram sekam dari padi, semoga bermanfaat !

Baca juga : Cara Budidaya Ubi Jalar

0 comments on “Cara Membuat Arang Sekam Dari Padi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *