Sunday, 17 November, 2019

Cara Membudidaya Tanaman Pisang Kepok


Cara Membudidaya Tanaman Pisang Kepok – Pisang kepok termasuk salah satu jenis pisang yang sering kita temukan dimana saja, baik itu di pedesaan atau daerah perkotaan sekalipun. Pisang jenis ini mempunyai bentuk yang tidak sama dengan pisang pada umumnya.

Tidak sama dengan bentuk pisang pada umumnya yang bulat dan panjang, pisang kepok ini mempunyai bentuk yang lonjong dan pipih. Jenis pisang ini merupakan pisang yang salah satunya paling banyak diminati dan laris.

Baca Juga : Jenis dan Sifat-Sifat Gen

Pisang kepok ini mulai banyak dibudidayakan sebab kebutuhan pasar yang lumayan ramai dan banyak diminati banyak orang. Untuk cara memudidaya pisang kepok ini juga lumayan mudah anda lakukan.

Dengan begitu anda juga akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dengan awal modal yang terbilang kecil.

cara budidaya pisang kepok, anda bisa mencobanya dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Pada tahap pembibitan pisang kepok dilakukan dengan cara vegetatif yaitu memakai anakan tunas pisang yang baru tumbuh dan masih muda. Anak yang bagus adalah mempunyai bentuk ketinggian sekitar 1 hingga 1,5 meter dan daunnya masih menggulung. Ada baiknya bibit pada pisang ini dipilih dari indukan pisang yang sehat serta menghasilkan banyak buahnya.
  2. Untuk selanjutnya dengan mengelolah media tanaman dengan cara membasmi hama, membersihkan guma serta rumput liar, dan penggembuaran tanah yang akan membuat selokan sebagai tempat air mengalir. Anda bisa mengulangi langkah tadi supaya hasil yang anda dapatkan lebih menguntungkan.
  3. Sesudah membersihkan dan menyiapkan lahan, anda bisa melakukkan penanaman bibit pisang kepok. Siapkan lubang dengan ukuran 50 x 0 x 50 cm dengan jarak lubang 3 x 3 meter. Tanamkan bibit pisang dan tutup dengan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk. Dengan pemberian pupuk, anda bisa melakukannya sebanyak 20 kg pada setiap lubangnya. Umumnya untuk proses penanaman bibit tersebut ini dilakukan pada musim penghujan pada bulan september hingga oktober.
  4. Agar mendapatkan hasil yang menguntungkan, anda juga perlu rutin merawat tanaman pisang kepok. Pada perawatannya, anda perlu membersihkan gulma dan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman dengan cara rutin. Lalu ada baiknya anda melakukan penggemburan tanah supaya akar dan tunas semakin banyak.

0 comments on “Cara Membudidaya Tanaman Pisang Kepok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *