Sunday, 17 November, 2019

Cara Mencegah Kematian Pada Pembibitan Ikan Lele


Cara Mencegah Kematian Pada Pembibitan Ikan Lele – Hasil produksi ternak lele mengalami peningkatan tiap tahun. Data dari Dirjen Perikanan menunjukkan hasil produksi ternak lele di tahun 2017 mencapai 1,8 juta ton. Hal ini menandakan bahwa produksi ternak lele mengalami peningkatan sebesar 131,7% dibandingkan tahun 2016 yang produksinya mencapai 700 ribu ton. Peningkatan hasil produksi ternak lele memang dimungkinkan dengan banyak permintaan serta kemudahan dalam proses pengembangbiakan lele.

Walaupun proses ternak lele terbilang mudah, namun peternak tetap harus hati-hati dalam proses pembibitan, karena proses pembibitan yang tak cermat akan menyebabkan bibit lele mati dan bukan tidak mungkin jumlah bibit yang mati mencapai ribuan. Kejadian ini tentu tak diinginkan oleh siapapun yang tengah berusaha berbisnis ikan lele. Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab bibit lele mati saat berada di kolam.

Penyebab tersebut antara lain karena kondisi air di kolam, kondisi semen di kolam, kondisi kolam yang tercemar baik itu karena masuknya abu vulkanik, debu atau bahan asing lainnya yang dapat memengaruhi kondisi air kolam, pakan lele yang kurang tepat, kadar oksigen pada air serta yang paling jelas adalah kondisi kebersihan kolam.

Menghindari kematian pembibitan ikan lele dalam jumlah banyak memang membutuhkan ketekunan. Agar

Kematian pada saat pembibitan ikan lele dapat diminimalisir maka hal-hal yang harus diperhatikan adalah

  1. Kondisi air

Bila peternak menggunakan air yang berasal dari PDAM, maka air sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selama setidaknya satu hari sebelum memasukkan bibit ikan ke dalam kolam,

karena air PDAM mengandung kaporit yang memungkinkan ikan untuk mabuk. Selain itu, apabila terjadi hujan dan air hujan masuk ke dalam kolam, maka berikan probiotik atau kapur dengan takaran 20gram/m2 dan usahakan untuk tidak membeli kapur yang dijual di apotik atau yang mengandung menthol.

Pastikan pula kondisi oksigen di dalam air terjaga, hal ini bisa dilakukan dengan meminimalisir kepadatan bibit di dalam kolam serta mengganti air dalam jangka waktu tertentu. Pemasangan sirkulasi serta aerator juga bisa dilakukan agar air dalam kolam tetap mengalir berganti dari yang lama ke baru.

Kematian bibit lele juga bisa terjadi bila perubahan suhu berubah drastis. Untuk menghindari hal ini maka air yang ada di dalam kolam harus ditinggikan setidaknya 50cm agar saat suhu berubah, ikan bisa mencari suhu yang lebih stabil di dasar kolam.

  1. Kondisi kolam

Kondisi kolam juga menjadi faktor yang penting untuk mencegah kematian bibit ikan secara bersamaan dalam jumlah besar. Bila kolam baru saja dibuat, terutama yang berasal dari semen, diamkan terlebih dahulu selama setidaknya satu minggu dengan disertai pengendapan. Setelah satu minggu maka air dapat diganti dengan yang baru dan bibit pun bisa dimasukkan.

Ketika bibit sudah berada di kolam, pastikan kolam tidak kemasukan benda asing seperti debu, abu vulkanik ataupun material bangunan. Hal ini bisa dihindari dengan cara memasang atap di atas kolam. Pastikan juga kotoran ikan tidak menumpuk di dasar kolam, sehingga harus kolam harus rajin dibersihkan. Bisa menggunakan filter atau sirkulasi.

  1. Pakan lele

Pakan sebagai salah satu komponen penting dalam proses ternak lele juga harus diperhatikan kondisinya. Pastikan pakan tidak basi, dan apabila menemukan pakan yang basi, bisa dicoba untuk mengkukus pakan tersebut terlebih dahulu sebelum memberikan ke lele.

Pakan juga harus sering diganti, karena dengan semakin membesarnya ikan, maka pakan yang dimakan akan semakin besar butirannya. Namun ikan lele takkan merespon terhadap pakan yang berubah drastis.

Apabila akan mengganti pakan, lewati terlebih dahulu waktu pakan selama 2-3 kali. Pakan yang tepat selain akan membuat lele tetap tumbuh juga mencegah menumpuknya pakan akibat lele yang tidak ingin mau memakan pakan yang diberikan. Apabila sisa pakan menumpuk di dalam kolam, maka akan menjadi seumber penyakit bagi lele.

 

0 comments on “Cara Mencegah Kematian Pada Pembibitan Ikan Lele

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *