Wednesday, 11 December, 2019

Keuntungan dan Kerugian Mengganti Domain Lama ke Baru


Keuntungan dan Kerugian Mengganti Domain Lama ke Baru – Ketika kita baru memulai atau berencana membuat suatu blog, tentu banyak orang yang menggunakan domain blog gratis yang bisa dengan mudah kita gunakan, seperti blogger, wordpress dan lainnya. Namun seiring berjalannya aktivitas blogging kita dan kita berencana untuk serius dalam dunia blogging, domain-domain gratis yang semula kita gunakan biasanya tidak dapat menunjang banyak keinginan yang kita harapkan kedepannya, sehingga penggunaan domain TLD (top level domain) atau domain-domain berbayar sering jadi pertimbangan untuk kita berganti blog ke domain yang baru.

Namun sebelum memutuskan untuk mengganti domain blog ke domain baru, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan pastikan apa tujuan yang ingin kita capai dari penggantian domain tersebut. Beberapa keuntungan dan kerugian dalam mengganti domain lama ke domain baru, diantaranya:

Keuntungan mengganti domain:

  1. Lebih terlihat keren dan professional. Bila sebelumnya menggunakan domain gratis dari blogger misalnya, dengan penggunaan domain TLD tentunya akan semakin terlihat lebih berkualitas dan dianggap lebih serius dalam membuat blog.
  2. Lebih mudah diingat oleh orang. Penggunaan domain TLD biasanya singkat tanpa banyak embel-embel dibelakang seperti ‘xx.blogspot.com’ akan menjadi ‘xx.net’ yang tentunya akan semakin mudah diingat orang.
  3. Memungkinkan peningkatan pengunjung, terlebih bila dilakukan bersama-sama dengan teknik SEO yang baik. Para pengunjung setia anda akan semakin menyukai tampilan baru domain anda dan bisa juga menambah pengunjung karena banyak yang menyukai domain terbaru anda dibanding sebelumnya.
  4. Membuka kembali blocklist adsense. Adanya kemungkinan blog sebelumnya pernah di block oleh google adsense, dengan adanya domain baru tentunya blog anda dapat kembali di- Tentunya dengan dapat kembali menghasilkan pundi-pundi dari google adsense, anda akan bersemangat kembali untuk melakukan aktivitas blogging.

Kerugian mengganti domain:

  1. Anda dapat kehilangan backlink dari subdomain blog lama anda. Bagi anda yang telah lama mengumpulkan berbagai backlink untuk direct ke domain lama, dengan berganti domain, anda akan kehilangan semua itu. Anda mungkin harus mengedit semua link ke webmaster anda secara satu per satu.
  2. Trafik pengunjung bisa saja menurun. Dengan berganti domain anda seperti mebuat sebuah blog baru lagi, dan harus memulai dari awal lagi. Domain lama anda akan ditampilkan dengan halaman 404 not found. Terlebih bila tidak banyaknya informasi yang diberikan perihal penggantia domain ini.
  3. Harus membayar. Meski anda ingin level up dengan menggunakan domain TLD tentunya ada sejumlah uang yang harus anda bayarkan untuk mendapatkan domain TLD ini.

Baca Juga : Jenis CMS Blog Paling Banyak Digunakan

0 comments on “Keuntungan dan Kerugian Mengganti Domain Lama ke Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *