Wednesday, 25 November, 2020

Kisah Penciptaan Nabi Adam AS Manusia Pertama Di Bumi


Kisah Nabi Adam ini di ambil dari Kitab Ibnu Khasiron dalam surat Al-Anbiya. Ada seorang yang bertanya mengenai warna kulit seorang yang bisa berbeda-beda padahal dari Adam dan Hawa yang sama, kenapa bisa berbeda-beda?

Ternyata ini sudah diterangkan oleh Rasulallah, sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan Adam dari sebuah genggaman tanah yang diambil dari seluruh muka bumi.

Lalu Rasulallah mengatakan: “Bahwa kalian datang berdasarkan atau sesuai kadar tanahnya, yakni ada yang berwarna merah, ada yang putih, ada yang hitam atau kombinasi antara keduanya.”

Dalam hadist yang di tafsirkan oleh Abu Malik, Abu Sholeh, Ibnu Abbas berkata: Allah SWT memerintahkan Malaikat Jibril, untuk turun ke bumi mengambil tanah dari seluruh muka bumi untuk dijadikan sebagai bahan penciptaan manusia. Kemudian Malaikat Jibril turun ke bumi, waktu Malaikat Jibril hendak mengambil tanah.

Bumi protes dan berkata, wahai Jibril mengapa engkau akan mengurangi aku, mengapa engkau menyakiti aku.

Jibril menjawab, sesungguhnya aku datang kemari atas perintah dari Allah SWT untuk mengambil tanah darimu.

Bumi mengatakan, tidak bisa sesungguhnya aku berlindung kepada Allah SWT dari engkau Jibril menyakitiku.

Karena bumi mengatakan berlindung kepada Allah, akhirnya Malaikat Jibril menyerah dan tidak jadi mengambil tanah. Kemudian Allah SWT mengutus Malaikat Mikail untuk mengambil tanah di bumi dan ternyata bumi juga protes, akhirnya Malaikat Mikail pulang kepada Allah tanpa membawa tanah untuk penciptaan manusia. Kemudian yang ketiga Allah menyuruh Malaikat maut Izrail untuk mengambil tanah, ketika hendak mengambil tanah bumi juga protes dengan mengatakan hal yang sama.

Namun, Malaikat Izrail berkata, aku tidak akan pulang sebelum melaksanakan perintah dari Allah SWT. Setelah tanah itu sampai ke Allah, kemudian dicampur tanah-tanah tadi.

Allah SWT berfirman dalam (QS. Shad:71,72): “Sesungguhnya aku akan menciptakan manusia dari tanah.”

“Maka apabila telah ku sempurnakan kejadiannya dan ku tiupkan kepadanya roh ciptaanku maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepada-Nya.”

Dan dibentuklah jazad dari Nabi Adam dengan tinggi 60 hasta, setelah jazad terbentuk Allah SWT tidak langsung meniupkan roh kedalamnya, dibiarkan jazad Nabi Adam selama 40 tahun tanpa roh.

Dikatakan dalam hadist kursi bahwa batas manusia berubah adalah 40 tahun. Apabila selama umur 40 tahun tidak ada tanda-tanda berbuat baik, maka siap-siap akan masuk neraka jahanam. Selama 40 tahun jazad Nabi Adam berdiri, diam atau di angin-anginkan dan dimatang-matangkan supaya makin kokoh.

Malaikat berkata kepada iblis : “Mahluk ini sungguh berbeda dengan kita, kami takut melihatnya jazad ini.”

Kata iblis: “ Jangan khawatir aku akan mencoba masuk dalam mahluk ini dan mencari tahu sebenarnya.” Maka iblis masuk dalam lubang hidung jazad Nabi Adam sampai tembus kedalam lubang ekor dan keluar.

Iblis berkata: “Ini tidak bisaku kuasi.” Kemudian iblis mencoba memukul jazad Adam tanpa roh. Allah SWT menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar. Tembikar disini seperti keramik yang kokoh, keras seperti itulah manusia dipandang oleh iblis.

Iblis tidak mampu untuk menguasai Adam As dipukul bertentang. Waktu itu Jazad Nabi Adam As belum ditiupkan roh, belum mempunyai dosa artinya kalau semakin minimnya dosa yang kita buat maka semakin kecil kemungkinan iblis bisa menguasai kita.

Barulah Allah meniupkan roh kedalam tubuh Nabi Adam. Roh dimasukan melalui kepala Nabi Adam turun sampai kemata dan saat itu mata Nabi Adam terbelalak melihat buah-buah yang ada di surga begitu tertariknya, lalu roh turun ke telinga, begitu turun ke hidung Nabi Adam langsung bersin.

Kata Allah: “Wahai Adam ucapkan alhamdulillah hirabilalamin.” Jadi alhamdulillah hirabilalamin merupakan dzikir nomor kedua setelah dzikir nomor pertama Subhanallah, lalu Lahilahillah, serta Allahuakbar. Lalu roh ditiupkan hingga kaki.

Kisah Nabi Adam As tercantum dalam Al-Qur’an, Nabi Adam As diciptakan sebagai manusia pertama untuk menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi.

0 comments on “Kisah Penciptaan Nabi Adam AS Manusia Pertama Di Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *