Tuesday, 31 March, 2020

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kenanga


Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kenanga – Kenanga adalah salah satu tanaman yang memiliki nama latin cananga odorata merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan bunga nan eksotik dan beraroma wangi yang khas.

Di seluruh dunia ada 3 jenis kelompok kenanga yang dibudidayakan yakni kelompok cananga / forma marcophylla steins, ylang – ylang / forma genuine steins dan golongan cananga perdu / cananga odorata fruticosa. Masing – masing kelompok cananga ini memiliki ciri – ciri morfologi yang umum dan standar yaitu bercabang tegak lurus terhadap batang utama, ada dengan batang mudah terkulai dan daun lebih kecil – kecil serta yang terakhir adalah paling sering dijadikan sebagai tanaman pekarangan dan penghias taman dari golongan perdu.

Ylang – ylang adalah tanaman asli dari Filipina yang lazim pula ditanam dan dikembangkan di Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Sedangkan Kananga perdu adalah berasal asli dari Indonesia yang banyak dibudidayakan pada tanaman pekarangan serta bunganya sering dimanfaatkan dalam acara – acara adat. Dalam kesenian tradisional kuda lumping dari Pulau Jawa, para pemain kerap memakan bunga kenanga jika mereka sedang kesurupan yang konon katanya bunga kenanga dapat mendatangkan hal – hal mistis.

Klasifikasi Tanaman Kenanga

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Tracacheobionta
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Magnoliidae
  • Ordo : Magnoliales
  • Famili : Annonaceae
  • Genus : Cananga
  • Spesies : Cananga Odorata

Morfologi Tanaman Kenanga

1/Akar kenanga

Morfologi kenanga mempunyai sistem perakaran yang bersifat akar tunggang dan berwarna coklat.

2/Batang kenanga

Tanaman bunga kenanga merupakan salah satu tanaman pohon dengan ketinggian batang mencapai 20 meter dan lebar batang sekitar 70 cm. Bentuk batang kenanga bulat dan mudah sekali patah saat usia muda, yang mana batang utama tanaman ini panjang dan bercabang – cabang dengan warna kulitnya abu – abu.

3/Daun kenanga

Tanaman bunga kenanga berdaun tunggal berwarna hijau pada bagian atas dan pada bagian bawahnya hijau muda agak kusam. Daun – daun tersebut berbentuk jantung dan agak bulat oval yang bagian ujung daun meruncing dan bagian pangkal daunnya berbentuk jantung. Apabila disentuh pada bagian permukaan daun maka akan terasa licin. Daun kenanga memiliki ukuran panjang berkisar antara 10 s/d 23 cm dengan lebar berkisar antara 4,5 s/d 14 cm.

Baca Juga : Pengertian dan Proses RNA

4/Bunga kenanga

Kenangan mempunyai bunga lengkap yang masing – masing terdiri dari mahkota, benang sari, kepala putik, kelopak dan tangkai. Bunga tanaman bunga kenanga bersifat majemuk berwarna hijua kusam ketika masih muda dan hijau kekuningan atau kuning terang ketika sudah tua serta akan mudah gugur. Mahkota bunga berbentuk pita agak terpilin berjumlah 6 mahkota yang susunan mahkotanya menyerupai bintang. Bunga kenanga mengeluarkan bau wangi yang khas.

5/Morfologi Pada Buah Kenanga

Tanaman kenangan memiliki buah yang rata – rata berukuran sekitar 2 cm berdaging tebal dan berbentuk oval seperti telur terbalik. Buahnya memiliki warna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi hitam setelah masak. Di dalam buah terdapat biji berbentuk pipih berkulit keras dan berwarna coklat serta tersusun dalam dua baris dengan jumlah biji dalam satu buah berkisar antara 8 s/d 12 biji.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman kenanga, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Pengertian Pupuk Mutiara

0 comments on “Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kenanga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *