Thursday, 22 October, 2020

Kandungan dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan


Pada artikel yang satu ini kami akan membahas tentang kandungan dan manfaat tanaman Temulawak. Monggo disimak yaa..

Kandungan Tanaman temulawak mengandung kurkuminoid, mineral minyak atsiri serta minyak lemak. Tepung merupakan kandungan utama, jumlahnya bervariasi antara 48 – 54 % tergantung dari ketinggian tempat tumbuhnya, semakin tinggi tempat tumbuhnya maka akan semakin rendah kadar tepungnya.

Selain tepung , temulawak juga mengandung zat gizi antara lain yaitu karbohidrat, protein dan lemak serta serat kasar mineral yaitu kalium (K), natrium (Na), magnesium (Mg), zat besi (Fe), mangan (Mn) serta Kadmium (Cd).

Komponen utama kandungan zat yang terdapat dalam temulawak merupakan zat kuning, disebut dengan istilah kurkumin. Selain itu ada juga kandungan protein, pati, serta zat–zat minyak atsiri. Minyak atsiri dalam temulawak terdapat kandungan seperti phelandren, kamfer, borneol, xanthorrizol, tumerol dan sineal.

Baca Juga :

Kandungan kurkumin berkisar antara 1,6% – 2,22% dihitung berdasarkan dari berat keringnya. Sedangkan berkat kandungan dan zat – zat minyak atsiri inilah, diduga merupakan salah satu berkhasiatnya temulawak.

Kandungan Zat Aktif dari Temulawak Kurkumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol, seskuiterpen d-kamper, mineral, minyak atsiri kemudian juga minyak lemak, karbohidrat, protein, mineral yaitu Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi (Fe), Mangan (Mn), serta Kadmium (Cd). Mekanisme Kerja Kurkuminoid Kurkumin yang terdapat dapat menurunkan SGOT serta SGPT sampai ketingkat normal.

Kurkuminoid pada temulawak dapat meningkatkan sekresi cairan empedu yang dapat mengemulsikan lemak dan juga menurunkan kadar lemak dalam darah serta hepatoprotektor. P-toluilmetilkarbinol dan seskuiterpen d-kamper dapat meningkatkan produksi, kemudian sekresi empedu lalu turmeron adalah sebagai antimikroba.

Minyak atsiri dapat merangsang produksi empedu, selain itu sekresi pankreas mempunyai kemampuan sebagai bakterisid yang dapat melarutkan kolesterol. Pada dosis tinggi, minyak atsiri bisa menurunkan kadar enzim glutamate Oksaloasetat Transaminase dalam serum (SGOT) kemudian enzim Glutamate Piruvat Transaminase dalam serum (SGPT) Oleh karena itu, temulawak bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit liver, penyakit asam lambung, penyakit asam urat, dan ambeien.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Temulawak memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini adalah beberapa manfaat dari temulawak tersebut :

  1. Memelihara fungsi hati
  2. Mengurangi radang pada sendi
  3. Mengurangi masalah pada pencernaan
  4. Membantu menurunkan lemak dalam arah
  5. Melawan kanker

Manfaat Temulawak Bagi Pengobatan

Sebagai tanaman herbal, salah satu tumbuhan seperti temulawak banyak digunakan dalam pengobatan-pengobatan tradisional,  diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Obat penyembuhan hepatitis

Siapkan 2 jari temulawak, lalu cuci dan kemudian kupas. Iris dan rebuslah dengan ½ liter air, lalu tambahkan sedikit gula aren. Rebuslah hingga airnya sisa setengah. Minumlah ramuan dengan aturan dua kali dalam sehari.

  1. Dapat meredakan derita asma

Siapkan ½ rimpang temulawak, setelah itu cuci bersih. Kupas dan irislah temulawak. Rebuslah dengan 5 gelas air kemudian campurkan gula aren secukupnya. Rebus hingga airnya sisa setengah. Larutan herbal dari temulawak ini diminum dengan aturan tiga kali dalam sehari.

  1. Pengobatan untuk sakit ginjal

Temulawak dicuci hingga bersih dan dikupas. Setelah itu, kita siapkan 4 gelas air kemudian rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebuslah sampai airnya tersisa setengah. Rebusan ini juga diminum sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Menyembuhkan bisul

Temulawak yang sudah dicuci bersih, kemudian dikupas. Rebuslah temulawak dengan 2 gelas air dan sedikit gula aren. Rebuh hingga airnya setengah kemudian angkat. Tambahkan sedikit asam jawa. Jika sudah dingin. Setelah itu, disaring dan diminum sekaligus.

  1. Temulawak juga efektif mengatasi mual terutama morning sickness

Sebagian orang sering mengalami masalah perut di pagi hari disebut dengan morning sickness, dan untuk mengurangi atau mengatasi hal tersebut maka bisa diminimalisir dengan meminum ramuan herbal dari temulawak.

  1. Mengurangi kelelahan pada otot

Temulawak juga efektif dalam membantu ataupun mengatasi kelelahan pada otot, terutama bagi anda yang melakukan latihan serius atau ekstra pada saat fitness.

Selain 11 hal di atas, obat herbal temulawak ini juga dapat berperan dalam berbagai bidang kesehatan, diantaranya sebagai berikut :

  • Sebagai Antioksidan
  • Mencegah darah kotor (Haid)
  • Melancarkan haid
  • Obat untuk jerawat
  • Obat untuk komedo
  • Membersihkan wajah
  • bahan herbal kecantikan
  • Meningkatkan semangat atau mood
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mencegah insomnia

 

 

0 comments on “Kandungan dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *