Tuesday, 15 October, 2019

Pengertian dan Bunyi Teori Atom


Pengertian dan Bunyi Teori Atom – Atom yaitu suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas (inti atom) serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom disusun atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron).

Teori Atom John Dalton

Pendapat Dalton mengenai teori atom sebagai berikut :

  1. Atom yaitu bagian terkecil dari materi yang tidak dapat dibagi lagi
  2. Atom telah digambarkan seperti pola pejal yang sangat kecil, sebuah unsur mempunyai atom yang identic dan berbeda untuk unsur yang berbeda.
  3. Atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan sederhana dan bilangan bulat. Seperti air yang teridir dari atom hydrogen dan atom oksigen
  4. Reaksi kimia adalah penggabungan atau pemisahan atau penyusun dan kembali dri atom, sehingga atom tidak bisa di musnahkan atau dimusnahkan.

Teori Atom Thomson

Bunyi Teori Atom J.J. Thomson

  1. Atom adalah berupa bola bermuatan positif dengan adanya elektron bermuatan negatif yang berada disekelilingnya.
  2. Muatan positif dan negatif pada atom memiliki besar yang sama. Hal ini menjadikan atom bermuatan netral. Suatu atom tidak mempunyai muatan positif dan muatan negatif yang berlebihan.

Selain disebut teori roti kismis, teori atom J.J. Thomson juga disebuat sebagai teori atom mirip semangka. Dengan penjelasan seperti misalnya daging semangka adalah area yang bermuatan positif sedangkan bijinya adalah elektron yang bermuatan negatif.

Penemuan elektron oleh J.J. Thomson ketika melakukan percobaan dengan tabung sinar katoda. Pada saat itu, J.J. Thomson melihat ketika arus listrik melewati tabung vakum, ada semacam aliran berkilau yang terbentuk. Thomson menemukan aliran itu dibelokkan ke arah plat kutub positif. Teori atom J.J. Thomson membuktikan bahwa aliran terbentuk dari partikel kecil dari atom dan partikel tersebut bermuatan negatif, kemudian J.J. Thomson menamakannya dengan elektron.

Teori Atom Rutherford

Teori atom Rutherford didasarkan pada eksperimen penembakan inti atom lempengan emas dengan partikel alfa yang dikenal dengan percobaan Geiger-Marsden. Pada saat itu, Rutherford menysun desain rancangan percobaan penembakan atom emas oleh partikel alfa yang dipancarkan oleh unsur radioaktif. Ternyata, sinar radioaktf tersebut ada yang dipantulkan, dibelokkan, dan diteruskan.

Teori Atom Bohr

Diawali dari pengamatan Niels Bohr terhadap spektrum atom, adanya spectrum garis menunjukkan bahwa elektron hanya beredar pada lintasan-lintasan dengan energy tertentu. Dengan teori Mekanika Kuantum Planck, Bohr (1913) menyampaikan 2 postulat untuk menjelaskan kestabilan atom.

Dua Postulat Bohr :

  1. Elektron memutari inti atom pada lintasan yang stasioner yang disebut orbit/kulit. Walaupun elektron bergerak cepat tetapi elektron tidak memancarkan atau menyerap energi sehingga energi elektron konstan. Hal ini membuktikan bahwa elektron yang berputar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan tetap sehingga elektron tidak jatuh ke inti.
  2. Elektron bisa berpindah dari kulit yang satu ke kulit yang lain dengan cara memancarkan atau menyerap energi. Energi yang dipancarkan ketika elektron berpindah-pindah kulit disebut foton.

0 comments on “Pengertian dan Bunyi Teori Atom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *