Sunday, 17 November, 2019

Pengertian dan Contoh Fabel


Pengertian dan Contoh Fabel – Fabel merupakan salah satu jenis cerita yang sering diperdengarkan. Dalam ulasannya, fabel memiliki segenap nilai kehidupan yang dapat dijadikan sebagai pelajaran. Lantas, apa sebenarnya fabel tersebut?

Untuk lebih mengenal secara jelas tentang fabel, mari menyimak tentang pengertian dan contoh fabel dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Fabel

Pengertian fabel dapat diartikan sebagai cerita yang dimainkan oleh binatang yang mendeskripsikan watak manusia. Selain itu,

Danandjaja menuturkan bahwa fabel adalah dongeng yang diperankan oleh binatang-binatang seperti reptil, serangga, burung, mamalia, dan lain sebagainya dengan berprilaku menyerupai manusia.

Sugiarto menjelaskan bahwa kemunculan fabel berasal dari India. Pada mulanya, orang India tersebut beralasan bahwa binatang adalah saudara manusia. Fabel bertujuan sebagai penasehat secara halus bagi Raja Dabsyalim yang terkenal akan kezalimannya di seluruh penjuru India.

Ada yang beranggapan bahwa dari sinilah fabel itu berasal. Dengan karakter manusia yang diperankan melalui tokoh binatang membuatnya dikenal sebagai sarana untuk menyampaikan kritik dan saran.

Di Indonesia sendiri, fabel diidentikkan dengan binatang “kancil”.  Mc Kean mencoba untuk memaparkan secara gamblang tentang fabel kancil tersebut.

Pendekatan yang digunakannya adalah strukturalis dan historis-difusionis. Pendekatan tersebut dapat mengungkapkan perwatakan orang-orang Indonesia. Selain itu, kedua pendekatan tersebut dapat membongkar asal muasal dongeng meskipun tanpa menerangkan identitas daerah atau kebudayaan dongeng itu berasal.

Contoh Fabel

Agar lebih mengenal fabel secara mendalam, mari meengkaji fabel melalui contoh fabel berikut ini.

Gajah, Kerbau, dan Harimau

Suatu hari, terdapat seekor kerbau yang sedang kebingungan mencari gajah di hutan. Adapun maksud dan tujuan kerbau mencari gajah adalah untuk meminta gajah menemaninya mencari makanan.

Setelah lama berjalan menelusuri hutan, akhirnya kerbau mendapati sang Gajah berjalan. Gajah bersedia untuk menemani kerbau untuk mencari makanan di hutan.

Sebelumnya, kerbau berjumpa dengan harimau terlebih dahulu dan berjanji untuk berburu bersama ketika sudah menemukan gajah.

Setelah ketiganya berkumpul, mereka memutuskan untuk berburu bersama. Sayangnya, ketika pembagian makanan, harimau merasa terdapatnya ketidakadilan karena kerbau membagi dengan cara yang tidak adil menurutnya.

Akibatnya, kerbau pun mati dalam terkaman harimau. Hal itupun juga terjadi pada gajah. Harimau merasa ketika pembagian makanan, Ia tidak mendapatkan jatah yang adil. Padahal, kedua temannya tadi sudah membagikan makanan dengan sama banyak.

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian dan contoh fabel. Apakah jenis tokoh binatang yang paling Aanda senangi?

0 comments on “Pengertian dan Contoh Fabel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *