Saturday, 24 August, 2019

Pengertian dan Dampak Globalisasi


Pengertian dan Dampak GlobalisasiDunia semakin sempit. Tentu saja kalimat ini tak bisa dimaknai secara harfiah bahwa dunia mengecil. Dunia yang semakin sempit ini merujuk pada informasi serta  barang-barang yang kian mudah didapat.

Kemudahan perdagangan, kemudahan informasi, terjadi karena globalisasi. Dalam KBBI, globalisasi diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Globalisasi berarti ketergantungan dibidang ekonomi, budaya serta populasi melalui perdagangan barang dan jasa, teknologi, investasi, tenaga kerja (Peterson Institute for Internastional Economics).

Globalisasi mulai berkembang setelah perang dunia ke dua. Dengan adanya perdagangan bebas serta pembangunan teknologi dan infrastuktur secara masif terutama di negara maju, globalisasi mempermudah pasar kerjasama antara beberapa negara.

Film yang ditonton, makanan yang dikonsumsi, musik yang didengar, budaya popular menjadi hal yang bisa sama-sama dinikmati oleh orang di seluruh dunia. Begitu juga dengan migrasi serta wisata mancanegara menjadi hal yang biasa dengan perkembangan sarana transportasi.

Setiap perubahan dalam struktural masyarakat pasti memiliki dampak, tak terkecuali dengan globalisasi. Tak bisa disangkal, dengan adanya globalisasi maka akan makin memudahkan perdagangan antar negara. Ini berarti memungkinkan meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang berasal dari perdagangan antar negara.

Harga barang pun dapat bisa menjadi lebih murah karena adanya produksi masal serta produksi barang dnegan sumber yang murah. Globalisasi memungkinkan terjadinya persaingan antar global, yang mana ini akan menyerap banyak pekerja yang memiliki keterampilan.

Namun dengan adanya kemudahan tenaga asing untuk bekerja di luar negara asalnya, maka persaingan antar tenaga kerja pun akan makin meningkat.

Dengan peningkatan persaingan ini tidak menutup kemungkinan suatu perusahaan akan lebih memilih memperkerjakan tenaga asing yang lebih berkompeten daripada tenaga kerja dari negaranya. Tentu saja dalam sebuah pasar tenaga kerja, kompetensi  merupakan hal yang harus lebih diutamakan.

Namun ini seakan meniadakan kemungkinan mengenai kelas yang juga diciptaakan oleh globalisasi, bahwa tak semua orang dapat memperoleh kemudahan akses informasi serta kemudahan untuk mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja.

Globalisasi memang hampir menjangkau banyak kalangan, namun masih terdapat perbedaan pembangungan di tiap negara satu dengan yang lainnya.

Secara pasar modal, globalisasi sangatlah menguntungkan negara yang terlibat dalam perdagangan dan membuka peluang investasi lebih besar, namun apakah globalisasi menguntungkan bagi pasar tenaga kerja, hal ini tergantung dari sudut masa masalah tersebut dilihat.

0 comments on “Pengertian dan Dampak Globalisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *