Thursday, 23 January, 2020

Pengertian dan Proses RNA


Pengertian dan Proses RNA – Berikut ini merupakan beberapa materi yang memiliki kaitan dengan pengertian dan proses terbentuknya RNA atau ribonucleic acid.

Pengertian RNA

Pengertian RNA merupakan kependekan dari ribonucleic acid atau dalam bahasa indonesia yaitu asam ribonukleat.  Asam ribonukleat merupakan senyawa polimer yang jauh lebih pendek apabila dibandingkan dengan DNA. DNA sendiri umumnya ditemukan dalam inti sel sedangkan asam ribonukleat sebagian besar terletak dalam sitoplasma terutama di dalam ribosom.

DNA diartikan  sebagai asam nukleat yang memiliki data genetik yang difungsikan untuk pengembangan dan fungsi semua makhluk hidup bersel. Molekul RNA turut serta di dalam proses sintesis protein dan pada kasus tertentu dalam transmisi data genetik.

Tugas terpenting dari RNA yakni mentransfer kode genetik yang diperlukan untuk pembentukan protein dari nukleus ke ribosom. Proses yang berlangsung ini mencegah DNA meninggalkan nukleus. Hal tersebut membuat DNA serta kode genetik terlindungi dari kerusakan. Tanpa adanya RNA, protein tidak akan pernah bisa dibentuk.

Proses Terbentuknya RNA

Proses terbentuknya RNA dapat dipisahkan dari dua tahapan dengan bantuan enzim RNA polimerase (RNAp) yaitu tahap transkripsi dan tahap translasi. Enzim ini mempercepat proses pembentukan RNA. Tahapan pembentukan RNA meliputi proses inisiasi, elongasi dan terminasi.

Pada prose inisiasi ini, enzim RNA polymerase menyalin gen, sehingga terjadi pengikatan RNAp dengan promoter atau tempat pertemuan antara gen/DNA dengan RNAp yang akan memberikan inisiasi transkripsi. Kemudian, RNAp akan membuka double heliks DNA yang memiliki fungsi sebagai cetakan yaitu rantai sense.

Pada saat proses elongasi RNAp akan bergerak sepanjang untai ganda DNA, membuka double heliks dan merangkai ribonukleotida ke ujung 3′ ribonukleotida yang sedang tumbuh, sehingga dapat dihasilkan rantai RNA yang di dalamnya terkandung urutan basa nitrogen pertama sebagai hasil perekaman. apabila hasil perekaman sudah mencapai 30 buah, suatu senyawa kimia yang berperan menjadi penutup untuk memberikan sinyal inisiasi tahap translasi dan mencegah terjadinya degradasi RNA akan berikatan dengan ujung 5′ RNA.

Proses terminasi adalah saat terhentinya proses perekaman dan molekul DNA baru terpisah dari DNA template. Pada saat proses ini terjadi ditandai dengan berlangsungnya asosiasi enzim RNAp dari DNA dan RNA yang dilepaskan sehingga dihasilkan produk transkripsi yang lengkap disebut messenger RNA (mRNA).

0 comments on “Pengertian dan Proses RNA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *