Wednesday, 18 September, 2019

Pengertian dan Tujuan Kapitalisme


Pengertian dan Tujuan Kapitalisme – Kapitalisme adalah istilah yang biasa terdengar dalam lingkup ekonomi. Beberapa lingkup tersebut meliputi keuangan, perusahaan, dan pekerjaan yang tertumpu pada satu tujuan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan kapitalisme itu sebenarnya? Agar tidak terjadinya salah paham tentang makna kapitalisme tersebut, mari simak ulasan berikut ini tentang pengertian dan tujuan kapitalisme.

Apa yang Dimaksud dengan Kapitalisme?

Pengertian kapitalisme memiliki banyak perspektif menurut para ahli, seperti:

  1. Adam Smith

Ia menuturkan bahwa kapitalisme identik dengan kepemilikan alat produksi atas nama pribadi demi mencapai keuntungan maksimal meskipun berada dalam kondisi kompetitif.

  1. Karl Marx

Ia menuturkan bahwa kapitalisme erat kaitannya dengan sistem sosial ekonomi yang memiliki capaian keuntungan bergantung pada mekanisme produksi yang terorganisir.

  1. Max Weber

Max Weber menuturkan bahwa kapitalisme merupakan sebuah paham yang mampu memberikan mindset kesejahteraan. Ia mengutip pernyataan tersebut dari segenap etika protestan yang mengajarkan tentang kedisiplinan hidup, berhemat,  rajin bekerja, dan beribadah kepada Tuhan.

Berdasarkan ketiga pendapat para ahli mengenai kapitalisme, dapat disimpulkan bahwa pengertian kapitalisme adalah sistem ekonomi yang mengajarkan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya bagi para pemilik modal. Terkesan kompetitif memang, namun kapitalisme tidak selalu memiliki makna negatif.

Seperti Apa Identitas Kapitalisme?

Sistem ekonomi yang disebut sebagai penganut kapitalisme dapat dilihat dari ciri-ciri atau identitasnya seperti berikut ini.

  1. Hak atas faktor produksi yang didasari oleh kepemilikan perseorangan.
  2. Kepemilikan alat produksi pribadi dalam kegiatan ekonomi.
  3. Adanya persaingan bebas demi mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Tujuan Kapitalisme, Untuk Apa?

Setelah mengenal pengertian beserta identitas, kapitalisme dalam dunia ekonomi pun memiliki tujuan yang jelas. Namun, tujuan tersebut terkadang melahirkan dampak negatif dan positif kapitalisme. Beberapa tujuan kapitalisme tersebut meliputi:

  • Usaha yang berorientasi untuk meraih keuntungan yang sebesar-besarnya.
  • Kapitalisme membutuhkan modal yang besar untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga, tak jarang pemilik modal terkesan menguasai seluruh aset bahkan tidak membiarkan aset mereka dicampuri pihak lainnya termasuk pemerintah.
  • Citra positif kapitalis disebut dengan antroposentris di mana tujuan kapitalisme menyebar pada seluruh aset ekonomi termasuk sumber daya manusia dan lingkungan.

Tidak seluruh kegiatan perekonomian berbasis kapitalisme memberikan dampak negatif. Hal tersebut dapat bergantung pada sistem yang dianut oleh perekonomian kapitalisme itu sendiri.

0 comments on “Pengertian dan Tujuan Kapitalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *