Saturday, 24 August, 2019

Pengertian Filsafat Adalah


Pengertian Filsafat Adalah – Mungkin dari kita pasti sering mendengar kata Filsafat baik itu dimedia digital maupun cetak. Akan tetapi, apakah kalian tahu pengertian Filsafat? Maka dari itu, akan kita bahas pengertian Filsafat secara umum maupun pendapat dari beberapa pakar yang ahli pada bidangnya.

Secara etimologi, Pengertian Filsafat dari bahasa Yunani yaitu philosophia dan philoshophos. Philo yang artinya cinta, sementara shopia atau shopos artinya adalah kebijaksanaan dan pengetahuan. Dan secara harfiah bermakna “Pecinta Kebijaksanaan”.

Secara umum, filsafat atau filosofi dapat diartikan sebagai suatu kebijaksanaan hidup untuk memberikan suatu pandangan hidup menyeluruh berdasarkan relfeksi atas pengalaman hidup maupun pengalaman ilmiah.

Sementara itu, filsafat menurut terminologi adalah sebagai upaya spekulatif untuk menyediakan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang semua realitas.

Bisa juga sebagai upaya untuk menggambarkan hakikat ralitas akhir dan dasar serta nyata. Atau bisa juga dikatakan sebagai upaya untuk menyatakan batas-batas dan jangkauan pengetahuan seperti sumbernya, hakikatnya, keasahan serta nilainya.

Pengertian filsafat menurut istilah diatas bisa juga kita kategori menggunakan pengertian dari pada Ahli tokoh filsafat yang sudah menjelaskan beragam makna terhadap pengertian tesebut.

Bagi menurut para Ahli, yaitu Hasbullah Bakry: Ilmu filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam bersentuhan dengan ke-Tuhanan, alam semesta dan manusia. Sehingga bisa menjadikan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia itu sebenarnya setelah mendapat pengetahuan tersebut.

Filafat juga merupakan studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan cara manusia berpikir kritis dan diuraikan dalam konsep mendasar. Hal tersebut tidak ditekuni dengan menjalankan eksperimen-eksperimen serta percobaan-percobaan. Akan tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, membagikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk persoalan tertentu.

Kemudian, akhir dari cara-cara itu dimasukkan ke dalam sebuah cara dialektika. Untuk studi falsafi, harus dan mutlak diperlukan logika berpikir dan logika berbahasa. Yang artinya adalah ilmu yang sama-sama diperlajari dalam matematika dan filsafat.

Imam Barnabid, seorang tokoh Filosof Indonesia juga berkomentar, filsafat ialah pandangan menyeluruh dan sistematis tentang suatu hal.

Yang dimaksud menyeluruh tersebut adalah filsafat tidak hanya sekedar pengetahuan belaka, namun suatu pandangan yang dapat menembus sesuatu di balik pengetahuan itu sendiri. Disebut sistematis karena filsafat memakai pemikiran secara teliti, sadar dan teratur dengan hukum yang ada.

0 comments on “Pengertian Filsafat Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *