Tuesday, 31 March, 2020

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Kertas


Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Kertas – Bunga Bougenville atau biasa disebut dengan kembang kertas merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak anda jumpai di wilayah tropis seperti Indonesia. Bunga dengan nama latin Bougainvillea ini sangat populer di Indonesia yang difungsikan sebagai penghias taman atau ditanam pada pekarangan rumah untuk mempercantik rumah. Bunga ini dikatakan mudah untuk dibudidayakan dalam jumlah besar dan banyak yang menyukainya.

Keindahan kembang kertas terletak pada seludang bunganya yang berwarna cerah dan mampu menarik perhatian siapa saja yang melihatnya karena tumbuh dengan rimbunnya yang mana seludang bunga ini dianggap sebagai bagian dari bunga meskipun bunganya yang benar adalah bunga kecil – kecil yang terlindungi dari seludang.

Selain dapat dinikmati karena keelokan warna – warni seludang bunganya, kembang kertas sebenarnya harus ditanam di pekarangan rumah masing – masing karena mengandung manfaat dan khasiat herbal. Daun, bunga kulit hingga akar mengandung saponin dan polifenol yang berguna sebagai obat untuk mencegah berbagai penyakit seperti hepatitis, penyakit bisul, obat keputihan, haid tidak teratur dan penyakit lainnya.

Mengenal Tentang Klasifikasi Tanaman Bunga Kertas

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheobionta
  • Sub divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Caryophyllanae
  • Famili : Nytaginaceae
  • Genus : Bougainvillea
  • Spesies : Bougainvillea Glabra, Bougainvillea Spinosa, Bougainvillea Spectabilis, Bougainvillea Peruviana, dan Bougainvillea Buttiana

Mengenal Morfologi Bunga Kertas

Morfologi bunga kertas bisa dilihat berdasarkan atas ciri – cirinya antara lain sebagai berikut :

1/Morfologi Akar Tanaman Bunga Kertas

Akar bunga kertas bersifat akar tunggang yang biasanya tumbuh secara vertikal dan berserabut serta melebar. Perakaran bunga kertas ini akan menembus media tanah hingga mencapai kedalaman antara 50 s/d 80 cm bahkan lebih tergantung varietasnya masing – masing.

2/Morfologi Batang Tanaman Bunga Kertas

Batang pada tanaman bunga kertas bersifat perdu tumbuh tegak lurus hingga mencapai ketinggian antara 2 s/d 3 m bahkan ada yang lebih dengan permukaan batang halus agak kasar dan memiliki warna kecoklatan. Selain itu batang tanaman ini berkayu berbentuk bulat memanjang dan berduri kecil serta mempunyai percabangan yang banyak sekali.

3/Morfologi Daun Pada Tanaman Bunga Kertas

Daun bunga kembang kertas berbentuk bulat oval memanjang dengan ukuran panjang kisaran 1 s/d 4 cm, bagian tepi permukaan daun rata, pertulangan daun menyirip antara 3 s/d 5 bahkan lebih dan daun berwarna kehijauan muda hingga tua. Daun tanaman bunga kertas mempunyai pertangkaian pendek dengan ukuran panjang antar 0,5 s/d 1 cm berwarna kecoklatan muda.

4/Morfologi Bunga Pada Tanaman Bunga Kertas

Bunga kertas bersifat tidak lengkap yang terdiri dari beberapa macam bagian diantaranya adalah tangkai, tenda bunga, kepala putik, tangkai putik, benang sari dan tangkai sari. Bunga – bunga ini biasanya muncul secara bergerombol pada ketiak daun dengan memiliki bentuk majemuk atau paying yang tersusun tak beraturan. Bunga ini tumbuh kembang membesar dan akan tersusun dalam anakan payung yang bertangkai dengan jumlah sekitar 1 s/d 7 anakan, masing – masing anakan memiliki 3 bunga. Pada umumnya bunga kertas ini mempunyai warna yang sangat beragam mulai dari putih, merah muda dan merah tua, jingga, ungu dan lain sebagainya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman bunga kertas, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 comments on “Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *