Tuesday, 31 March, 2020

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Timun Suri


Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Timun Suri – Yang dimaksud dengan tanaman timun suri merupakan salah satu jenis tanaman yang bersifat semusim memiliki tipe pertumbuhan yang bersifat merambat pada permukaan tanah dengan panjang sekitar 1 s/d 3 m. Di samping itu timun suri mempunyai batang yang berwarna hijau memanjang dengan buah – buah yang bergaris – garis tipis berwarna hijau muda.

Agar anda mengetahui lebih jelas berhubungan dengan tanaman timun suri tersebut di atas maka melalui kesempatan kami kali ini akan mencoba menyampaikan beberapa informasi terkait dengan klasifikasi dan morfologi dari tanaman timun suri.

Berikut adalah klasifikasi dari tanaman timun suri secara tepat antara lain sebagai berikut : kingdom : plantae, devisi : spermatophyta, sub divisi : angiosperma, kelas : dicotyledonae, ordo : cucurbitales, family : cucurbitaceae, genus : cucumis, dan spesies : cucumis sativa L.

Setelah anda mempelajari tentang klasifikasi dari tanaman timun suri maka langkah selanjutnya adalah mengenal morfologinya secara lebih dekat yang terdiri atas enam bagian antara lain morfologi akar, daun, batang, bunga, buah dan morfologi biji.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kenanga

1/Morfologi Akar Pada Tanaman Timun Suri

Akar adalah salah satu bagian dari tanaman timun suri yang difungsikan untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tanaman agar mampu bertaham berdiri pada tempat dimana tanaman bersangkutan sedang dikembangbiakkan. Akar jiga berfungsi untuk mengumpulkan dan menyerap air dan garam – garam mineral / zat – zat hara dari dalam tanah. Sistem perakaran tanaman ini adalah bersifat perakarang tunggang dan didampingi dengan akar serabut yang relatif  dangkal.

Yang mana akar tunggang hanya mampu menembus kedalaman tanah sekitar ukuran kedalaman 30 cm sedangkan akar serabut hanya mampu tumbuh pada permukaan tanah saja. Maka dari itu tanaman timun suri tergolong sebagai tanaman yang sangat peka terhadap kondisi kekurangan air.

2/Morfologi Daun Pada Tanaman Timun Suri

Seperti diketahui bahwa daun memiliki fungsi sebagai tempat untuk pengolahan zat – zat makanan yang mana proses pengolahan zat – zat makanan pada daun bersangkutan disebut dengan rangkaian proses fotosintesis. Daun pada tanaman mentimun memiliki bentuk yang unik cenderung bulat dan pada bagian ujungnya meruncing berganda. Di samping itu daun timun bergerigi tak beraturan yang dikelilingi oleh bulu – bulu halus dan agak berkerut, disertai memiliki tulang daun menyirip dan bercabang – cabang dengan daun ketika masih berwarna muda adalah hijau muda terang dan memasuki usia tua akan berubah warna menjadi berwarna hijau tua yang ukuran daun bisa mencapai panjang dan lebar rata – rata 20 cm. Daun – daun timun bersangkutan muncul pada sisi batang yang terlihat lebih hijau dengan posisi tumbuh berselang – seling antara satu daun dengan daun lainnya berada di atasnya.

3/Morfologi Batang Pada Tanaman Timun Suri

Batang dalam hal ini mempunyai fungsi untuk menyalurkan sari – sari makanan yang dihasilkan oleh dedaunan lalu menuju ke seluruh bagian tanaman. Batang tanaman timun suri juga memiliki fungsi sebagai alat untuk mengangkat mineral dan air secara bersamaan melalui akar untuk selanjutnya menuju ke daun. Batang – batang ini tumbuh secara menjalar dan merambat dengan ukuran panjang dapat mencapai sekitar 1,5 m dan berbulu. Batang – batang bersangkutan berwarna hijau yang mengandung banyak air, sehingga memiliki tekstur yang agak lunak. Tanaman timun bersulur dahan yang memiliki bentuk spiral keluar dari bagian sisi tangkai daun. Sulur – sulur bersangkutan merupakan batang yang telah termodifikasi pada bagian ujung masing – masing yang memiliki sifat sangat peka terhadap sentuhan yaitu jika disentuh maka akan terjadi perubahan – perubahan yaitu seperti bentuk mengkerut dan agak masuk ke dalam.

4/Morfologi Bunga Pada Tanaman Timun Suri

Pada tanaman timun suri ini menyimpan bunga yang bentuknya mirip dengan terompet dan berwarna kuning merupakan tanaman berubah satu / monoecious dengan masing – masing berisikan bunga jantan dan bunga betina yang antara saru dengan lainnya terletak terpisah dalam satu pohon. Bunga jantan akan muncul terlebih dahulu yaitu sekitar 4 s/d 5 minggu setelah masa tanam dan mulai memasuki fase berbunga, lalu selanjutnya disusul oleh bunga betina. Pada bunga betina inilah yang akan menyimpan bakal – bakal buah yang rata – rata berbentuk panjang bulat lonjong namun ada juga yang membengkok. Untuk bunga yang jantan menghasilkan bakal buah unggulan. Bakal – bakal buah bersangkutan terletak pada bagian bawah bunga beserta adanya proses penyerbukan bunga tanaman timun suri yang biasanya dibantu oleh serangga terutama kumbang.

5/Morfologi Buah Pada Tanaman Timun Suri

Buah yang dihasilkan oleh tanaman timun suri ini memiliki posisi menggantung yang terletak di bagian ketiak daun dan batang yang mana buah timun yang dimaksudkan rata – rata memiliki bentuk buah yang bulat, konjong atau memanjang, atau kotak tergantung dari varietasnya masing – masing yang berukuran antara 8 s/d 25 cm dan diameter antar 2,3 s/d 7 cm. Sedangkan warna buah timun suri adalah hijau keputih – putihan dan ada juga yang hijau muda atau hijau gelap yang diselimuti oleh permukaan luit buah agak mulus berbintik – bintik tergantung dari varietasnya juga. Daging dari buah pada bagian dalam memiliki warna putih bersih hingga putih kehijau kekuningan dan berbiji serta banyak mengandung air.

6/Morfologi Biji Tanaman Timun Suri

Biji – biji pada tanaman timun suri berbentuk pipih yang berada pada posisi aman yaitu di bagian dalam buah yang mana biji – biji bersangkutan berwarna putih ataupun kuning hingga ada yang kecoklatan. Pada sebutir bauh mentimun terdapat biji yang cukup banyak dengan bentuk yang beragam. Di samping itu biji – biji dari tanaman mentimun biasanya bermanfaat untuk memperbanyak tanaman alias berkembang biak melalui biji.

Demikian kami menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman timun suri, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Kertas

0 comments on “Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Timun Suri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *