Wednesday, 18 September, 2019

Penjelasan Lengkap Mengenai Giro


Penjelasan Lengkap Mengenai Giro – Dahulu kala, orang-orang menyimpan uang dalam bentuk benda, seperti emas,  perhiasan atau ternak. Bila menyimpan uang dalam bentuk fisik, mereka biasanya akan menyimpan uang tersebut dalam kendi atau kotak yang disimpan dalam tempat yang aman.

Saat ini media penyimpanan uang sudah berubah. Saat ini, menyimpan uang di bank dirasa lebih aman daripada menyimpan uang dalam bentuk fisik di rumah. Bank memang menyajikan banyak kemudahan. Melakukan transaksi keuangan, menyimpan uang dalam bentuk deposito atau tabungan. Melakukan pinjaman atau kredit dan lainnya.

Dengan bantuan bank dapat dilakukan pula transaksi keuangan. Untuk melakukan transaksi keuangan, bisa dilakukan dengan cara membuka rekening giro atau lebih dikenal dengan giro. Rekening giro merupakan rekening yang dibuka oleh perseorangan ataupun badan usaha yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan. Penarikan uang pada rekening giro uang dilakukan dengan cara memberikan surat perintah kepada orang lain dalam bentuk cek maupun bilyet giro.

Cek merupakan surat perintah kepada pihak bank untuk melakukan penarikan sejumlah uang. Sedangkan bilyet giro adalah surat perintah yang dikeluarkan oleh pemilik rekening untuk melakukan pemindahan sejumlah uang dalam rekening yang dimilikinya ke rekening lain sesuai dengan nama yang ada dalam bilyet giro.

Pada rekening giro, tidak ada batasan berapa penarikan atau transaksi yang dapat dilakukan perhari, sehingga rekening ini cocok untuk badan usaha. Selain itu, pemilik rekening giro juga dapat melihat transaksi pada rekeningnya melalui pencetakaan rekening koran setiap bulannya yang akan dikirimkan ke pemilik rekening langsung. Sehingga hal ini akan memudahkan karena pemilik rekening tak perlu pergi ke bank tempat dia membuka rekening.

Rekening giro dibagi ke dalam dua jenis, yaitu rekening giro perorangan yang dibuka atas nama pribadi. Kemudian ada juga rekening giro atas nama badan usaha. Tentu saja persyaratan pembukaan rekening giro perorangan dan badan usaha akan berbeda dan persyaratan yang diminta tiap bank akan berbeda satu bank dengan bank lain. Namun secara umum, beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka rekening giro yaitu

  1. kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP,SIM atau Paspor
  2. NPWP
  3. formulir pengajuan giro
  4. setoran awal untuk giro. Nominal setoran awal giro berbeda tiap bank, namun biasanya minimal setoran awal berjumlah Rp 1.000.000,00
  5. akta pendirian usaha (bagi badan usaha)
  6. surat ijin dagang (bagi badan usaha)
  7. surat keretangan domisili (bagi badan usaha)
  8. tidak berada dalam daftar hitam Bank Indonesia

0 comments on “Penjelasan Lengkap Mengenai Giro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *