Tuesday, 31 March, 2020

Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel


Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel – Di masyarakat, hutang terkadang sering dikaitkan dengan hal-hal yang negatif saja. Padahal, penggunaan hutang bisa menjadi positif dan bisa juga menjadi negatif. Salah satu contoh utang yang positif yaitu utang yang digunakan untuk modal usaha atau bisnis.

Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel
Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel

Untuk bisa mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dan perbedaan utang usaha dengan utang wasel, simak uraian lengkapnya berikut ini.

Pengertian Utang Usaha

Utang usaha adalah kewajiban utang yang harus segera dibayarkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya apabila ada transaksi pembelian kredit yang berhubungan dengan kegiatan operasional atau pengadaan barang oleh suatu perusahaan.

Pengertian Utang Wasel

Utang wesel adalah perjanjian utang yang dibuat secara tertulis antara beberapa pihak di mana pihak yang berhutang akan membayar sejumlah uang tertentu pada pihak yang memberikan hutang sesuai dengan tanggal jatuh tempo wasel pada perjanjian yang telah dibuat. Biasanya, utang wasel dibuat jika utang usaha atau utang dagang gagal dibayar oleh pihak yang berhutang.

Baca Juga : Efektifkan promosi blog di media sosial?

Perbedaan Utang Usaha dengan Utang Wasel

Utang usaha tentu berbeda dengan utang wasel. Berikut adalah beberapa perbedaan dari utang usaha dengan utang wasel:

  • Perbedaan pertama dari utang usaha dengan utang wasel yaitu jangka waktunya. Utang usaha biasanya memiliki jangka waktu yang kurang dari satu tahun, sedangkan utang wasel bisa bermacam-macam sesuai dengan perjanjian yang dibuat
  • Perbedaan berikutnya yaitu pada bagian asetnya. Utang usaha biasanya dimasukkan ke dalam aset lancar, sedangkan utang wasel tergantung dengan jangka waktunya. Jika jangka waktunya kurang dari satu tahun maka bisa masuk ke dalam aset lancar, sedangkan jika jangka waktunya lebih dari setahun maka akan masuk ke dalam golongan piutang jangka panjang
  • Utang datang termasuk dari utang yang bisa ditagih oleh pemberi utang, sedangkan utang wasel tidak bisa karena ada tanggal jatuh temponya. Jika sudah melewati jatuh tempo, maka jaminan yang diberikan bisa dijual sebagai pembayar utang
  • Utang usaha biasanya tidak disertai dengan perjanjian formal antara kedua belah pihak. Sedangkan utang wasel memerlukan perjanjian yang tertulis.

Baca Juga : Cara Mudah Mengembalikan Akun Google Yang Disable

0 comments on “Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *