Tuesday, 31 March, 2020

Pengertian Pupuk Mutiara dan Fungsi Pupuk Mutiara


Pengertian Pupuk Mutiara dan Fungsi Pupuk Mutiara

Pengertian Pupuk Mutiara dan Fungsi Pupuk Mutiara – Pupuk NPK Mutiara merupakan salah satu jenis pupuk buatan (anorganik) yang bersifat majemuk (pupuk yang mengandung lebih dari satu unsur) yang berbentuk granul atau butiran dan memiliki warna biru. Pupuk ini dibuat dengan menggunakan asam nitrat.

Pupuk mutiara ini mengandung kurang lebih 16% nitrogen, 16% Fosfat, 16% kalium, 0,5% magnesium, 6% kalsium dan banyak kandungan unsur dalam jenis pupuk yang terkenal dengan NPK16-16-16 ini.

Harga pupuk ini dapat terbilang cukup mahal yaitu dikisaran harga Rp 12.000,- hingga Rp 15.000,- per kilogramnya. Harga persaknya (50kg) Rp 600.000 per saknya.

Keunggulan dari pupuk mutiara ini adalah menjaga keseimbangan unsur hara makro yang terdiri dari nitrogen, fosfor, kalsium dan mikro yang terdiri dari kalsium, magnesium, mangan, besi, belerang, tembaga, seng, boron, dan juga molibden. Karena pupuk mutiara ini memiliki unsur hara seperti CaO dan MgO yang digunakan sebagai pelengkap yang dibutuhkan oleh tanaman.

Baca Juga : Cara Membuat Arang Sekam Dari Padi

Proses pembuatan pupuk ini dengan menggunakan proses Odda sehingga pupuk ini memiliki sifat yang mudah larut dan juga bereaksi.

Ada beberapa fungsi dari pupuk NPK Mutiara diantaranya adalah :

  1. Membantu mempercepat, memperbanyak dan juga memperkuat tanaman serta memudahkan akar tanaman dalam menyerap unsur hara dalam tanah. Tujuan dari mempercepat adalah agar tanaman menjadi cepat memiliki pertumbuhan tunas dan juga mencegah kekerdilan pada tanaman. Selain itu pupuk ini juga mencegah agar tanaman tidak mengalami kerontokkan pada bunga dan juga buah, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian. Pupuk ini juga berfungsi untuk membantu proses fotosintesis tanaman dalam pembentukkan zat gula, tepung dan juga protein agar lebih meningkat dan juga meningkatkan produktivitas hasil panen.
  2. Memperbaiki dan juga menjaga agar pertumbuhan tanaman primer dan sekunder. Pertumbuhan primer maksudnya adalah pertumbuhan ukuran panjang pada batang tumbuhan karena aktivitas jaringan meristem primer. Sedangkan pertumbuhan sekunder maksudnya adalah pertambahan besar organ tumbuhan karena adanya aktivitas jaringan meristem sekunder seperti kambium pada kulit batang, kambium batang dan juga akar.
  3. Dalam penggunaannya, pupuk mutiara ini tidak terbatas hanya dalam penggunaan dan juga pengaplikasiannya, namun dapat diberikan juga untuk tanaman pangan, hortikultura ataupun perkebunan. Pupuk ini memiliki reaksi mudah dan juga cepat diserap oleh tanaman , dan memiliki manfaat yang hebat untuk tanaman.
  4. Ketika pengaplikasian dan penggunaannya, sama dengan jenis pupuk majemuk pada umumnya, namun untuk hasil yang lebih maksimal lagi, salah satu kunci keberhasilannya adalah T3 (tepat waktu, tepat dosis dan juga tepat pemberian).

Baca Juga : Pengertian dan Proses RNA

0 comments on “Pengertian Pupuk Mutiara dan Fungsi Pupuk Mutiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *