Thursday, 22 October, 2020

Syarat Tumbuh Tanaman Urang Aring


Perkembangbiakkan tanaman urang-aring dilakukan melalui metode generatif yaitu menggunakan biji.

Pada tanaman urang-aring yang hidup liar, perkembangbiakkan dilakukan melalui penyebaran serbuk secara alami menggunakan serangga dan angin untuk melakukan penyerbukan.

Oleh karena itu, budidaya tanaman urang-aring sangat mudah untuk dilakukan oleh pemula karena tidak ada teknik yang membutuhkan ketrampilan khusus untuk menanam tanaman ini.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Syarat Tumbuh Tanaman Urang Aring

Berikut Syarat Tumbuh Tanaman Urang Aring untuk menanam tanaman urang-aring agar dapat tumbuh dengan baik yaitu :

1. Iklim

Tanaman urang-aring dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan yang mempunyai iklim subtropis dan tropis seperti di negara Brazil, India, Cina, dan Indonesia.

Tanaman ini sendiri dapat menyesuaikan diri dengan segala kondisi lingkungan dan perubahan cuaca yang esktrem.

Tanaman ini biasa tumbuh  di daerah dengan kelembapan yang sedang, intensitas cahaya matahari yang cukup, dan curah hujan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air.

2. Ketinggian tanah (Elevasi)

Tanaman urang-aring dapat hidup di daerah yang memiliki ketinggian tanah yang rendah maupun tinggi.

Tanaman ini sendiri dapat ditemukan di dataran rendah hingga pantai yang mempunyai ketinggian tanah 200 mdpl hingga daerah dataran tinggi yang memiliki ketinggian mencapai 1500 mdpl hingga 2000 mdpl.

3. Waktu Tanam

Penanaman tanaman urang-aring sendiri dapat dilaksanakan sepanjang tahun meningat bahwa tanaman ini dapat beradaptasi denga mudah di segala cuaca.

Namun, disarankan untuk memilih waktu tanam yang mempunyai kondisi cuaca kering namun tetap ada hujan sesekali.

4. Kondisi media tanam

Media tanam yang biasa digunakan tempat hidup tanaman urang-aring adalah tanah. Tanah yang paling cocok untuk ditanami oleh tanaman urang-aring adalah kondisi tanah yang mempunyai zat hara dan cadangan air yang cukup.

Meskipun tanaman ini dapat bertahan hidup  Tanaman urang-aring sendiri tidak terlalu membutuhkan spesifikasi media tanam yang spesifik dan khusus.

Namun, untuk menanam tanaman urang-aring di lahan, kebun, atau pekarangan rumah dibutuhkan pengolahan tanah terlebih dahulu.

5. Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah dilakukan untuk membuat tanah yang akan ditanami gembur dan subur. Proses ini dilakukan dengan cara membersihkan tanah yang akan ditanami dengan mencabuti rumput-rumput liar dan gulma serta sampah yang dapat mempengaruhi pertumbuhan urang-aring.

Penggemburan tanah dapat dilakukan melalui berbagai macam cara yakni mencangkul, membajak, atau menggarpu bagian tanah yang akan ditanami. Selanjutnya tanah dapat diberi pupuk organik berupa pupuk kandang dan pupuk kompos secara merata.

Apabila menggunakan wadah seperti pot/polybag, pencampuran tanah dan pupuk dapat dilakukan melalui perbandingan 1:3, 1:2, ataupun 1:1.

Kemudian tanah dapat disirami air secukupnya agar semakin ideal untuk penanaman tanaman urang-aring.

Baca Juga : Klasifikasi Kacang Tunggak

0 comments on “Syarat Tumbuh Tanaman Urang Aring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *