Wednesday, 11 December, 2019

Definisi Dan Unsur Unsur Negara


Definisi Dan Unsur Unsur Negara

Definisi Dan Unsur Unsur Negara – Menurut pengertian sederhana, negara adalah suatu organisasi kewilayahan yang sah dan ditaati rakyatnya. Bahkan, ada yang mentafsirkan negara sebagai sarana kekuasaan untuk mengatur hubungan antar rakyat baik dari segi sosial, ekonomi, politik, keamanan, agama dan selainnya yang sah, independen dan berdaulat.

Sebuah negara tidak akan pernah berdiri tanpa adanya unsur-unsur pembentuk. Elemen-elemen inilah, yang jika terpenuhi secara konstitusional maupun deklaratif, wilayah tersebut layak disebut negara.

Definisi Negara

  • Pengertian Umum

Negara merupakan sekumpulan orang yang tinggal pada satu wilayah dengan pemerintahan yang sah. Maka dari itu, untuk membangun suatu negara dibutuhkan rakyat, wilayah beserta sistem pemerintahannya.

  • Pengertian Khusus

Sedangkan pengertian negara yang lebih detail adalah organisasi tertinggi yang menaungi kelompok masyarakat di wilayah tertentu dengan menerapkan sistem pemerintahan yang sah dan berdaulat yang salah satu fungsinya ialah menerapkan regulasi yang harus dipatuhi semua kelompok yang hidup di dalamnya.

Unsur Unsur Negara

Ada 4 unsur negara yang harus ada. Keempatnya dibedakan menjadi unsur konstitutif dan unsur deklaratif. Ini dia penjelasannya, yaitu:

Unsur Konstitutif

1. Rakyat

Unsur negara yang pertama adalah harus ada rakyat yang akan dipimpin. Jika tidak, berarti wilayah tersebut tidak layak disebut negara. Karena hanya bagian daratan dan lautan tak berpenghuni saja.

2. Wilayah

Wilayah yang dimaksud adalah batas teritorial atau geografis sebuah negara. Unsur kewilayahan ini harus jelas dan ada bukti konkret-nya. Baik yang berupa batas lautan, daratan maupun udara.

3. Pemerintah Yang Berdaulat

Tidak mungkin ada negara jika tidak ada pemerintahan berdaulat. Karena seharusnya, pemerintah dan pemangku kebijakan bisa mengatur rakyatnya sendiri tanpa intervensi dari pihak lain.

Unsur Deklaratif

Unsur-unsur negara yang terakhir adalah adanya pengakuan dari negara lain. Biasanya untuk mendapatkan pengakuan tersebut, pendiri negara akan memproklamirkan kedaulatan negaranya dan diiringi oleh deklarasi pengakuan oleh negara yang mendengar.

Demikianlah pengertian dan unsur-unsur negara. Semoga bisa menjadi renungan seluruh masyarakat dunia, bahwa tidak mudah mengklaim berdirinya sebuah negara. Dari sini pula terlihat jelas, kalau penjajahan tidak pernah diakui di negara berdaulat manapun.

0 comments on “Definisi Dan Unsur Unsur Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *